Asyiknya belajar matematika
Ketika Faham dengan Fakta dasar Perkalian

Oleh : Idham Sumirat
XI IPA.3
SMAN 2 Wonosobo
Jln.Banyumas Km.5 telphon (0286)322614 Wonosobo

Pendahuluan
Pembicaraan mengenai  matematika kapanpun memang menjadi hal yang sangat perlu untuk diperhatikan, di lingkup kalangan siswa SD matematika merupakan hal yang perlu untuk dikuasai, karena memang matematika akan bermanfaat baik dalam kehidupan sehari – hari maupun di kehidupan pekerjaan.
Masalah yang sering terjadi dikalangan Siswa SD yaitu kurangnya kefahaman tentang apa sebenarnya belajar dasar – dasar dari teori yang harus di famahi terlebih dahulu, baru langkah menguasai penerapannya dalam kehidupan sehari – hari,  setelah itu penjabaran dari teori tersebut.

Di sini penulis ingin mengajak, khususnya untuk diri saya pribadi, bahwa sebenarnya yang  kita perlukan bukan 100% ingatan, melainkan sebuah realita kefahaman dalam menanggapai sebuah masalah dalam dunia pendidikan.
Menurut Prof. Dr. Ki Supriyoko, M.Pd.  Pelajar Indonesia belum mampu menunjukkan prestasinya dalam (TIMSS) The Thirth International Mathematic and Science, mungkin memang kualitas ataupun kuantitas dari pelajar indonesia belum cukup membanggakan.

Mungkin Juga Ada mitos bahwa Matematika sukar untuk di pelajarai di lingkup siswa SD, karena dinilai pelajaran yang membosankan.    

Solusi
Disini penulis ingin memberikan saran, bukan berarti sok pinter atau mungkin sok ngajarin tetapi hanya ingin bertukar ilmu saja  untuk lebih memahami tentang fakta dasar perkalian untuk kalangan siswa SD.
 Apabila terdapat suatu permasalahan, dimana ada suatu bilangan dikalikan dengan bilangan yang lain.  Apa sih fakta dari permasalahan tersebut..?

Dapat dicontohkan dalam bilangan matematika,
Terdapat soal : 4 X 5 = ....
Mungkin siswa – siswa SD sudah langsung  bisa menjawab dengan 20, karena apa..?, karena itu sudah terbiasa, tetapi yang jadi masalah adalah apa yang sebenarnya terjadi.
Ada teori yang mengatakan,  4 X 5 itu merupakan singkatan penjabaran dari  4+4+4+4+4 = 20 atau  5+5+5+5 = 20, jd yang mana yang betul.  4+4+4+4+4 atau 5+5+5+5..?
Fakta dasar dari perkalian , (4 X 5) adalah dimana sebetulnya, ketika bilangan lima di hilangkan yang muncul adalah (4X   ) dibaca “empat kali”, jadi dapat ditarik hipotesis menjadi siapa yang empat kali...?
Jawab : 5, dalam artian 5 itu ada empat kali, menjadi  5, 5, 5, dan 5. Jika di jumlahkan (5+5+5+5) itu menjadi 20.      
Rangkuman di atas merupakan salah satu fakta dasar pemahaman perkalian dengan cara interpretasi logika. Demikian beberapa uraian singkat dari penulias, semoga artikel ini bermanfaat.  




0 komentar:

Anda yang ke

Copyright © 2012 Iid Edukasi / Template by : Urangkurai