Follow us on Facebook

Idham Sumirat. Diberdayakan oleh Blogger.

Sugeng Rawuh teng blog Edukasi Semoga bisa tukar - menukar informasi

Feature Post

Tanggalan

Formulir Kontak

Post Slider (Homepage)

Total Pageviews

Blog Archive

Tanggapan terhadap blog ?

Label

tugas (1)

Labels

Popular Posts

Jumat, 20 April 2012

Tag:

Pembahasan CPNS III


1.  

                                                     [c]
     

2.   Jika, maka y dalam nilai a, b, dan c adalah….….

                                                                             [c]
     

3.   Jika a = 4b dan b = 2c, maka c dinyatakan dalam a adalah…..

                                                                    [c]
     

4.  

                                                                       [c]
     

5.   Jika x = 75% dari 24 dan , maka….

Lihat kembali tips di muka!
                 maka    x > y                            [a]
     

6.   Jika  dan ,  maka…..

coba perhatikan! Jika dilihat, nilai b tidak akan pernah mendekati 2
maka jawabannya adalah  a  >  b                                                        [b]
     

7.  

lihat pembahasan soal no. 15 bagian I
dengan cara yang sama,
jawabannya adalah                                                                [d]
     

8.   Jika  , maka nilai dari  adalah….

        sehingga x = 3   dan  y = 5
maka                                                                       [b]
     

9.           

lihat tips di muka!

                                                               [c]





TES LOGIKA KUANTITATIF (PENALARAN)


Bagian I

  1. Yang suka keduanya :
Jumlah yang suka salah satu – total personel
= ( 27 + 22 ) – 30
= 19                                                                                                     [e]
Catatan : jika ada yang tidak suka keduanya maka tinggal dikurangkan




  1. Cara termudah : buat pemisalan
Misalkan wadah = x  air = y  maka
Wadah berisi 1/5 air bisa ditulis  x = 1/5 y
Jika ditambah 6 liter maka menjadi ½ nya
x + 6 = ½ y
dari kedua persamaan diperoleh :
1/5 y + 6 = ½ y
        6 = (½ - 1/5) y
        6 = 3/10 y
        y = 20                                                                          [e]       


  1.                                    [e]

  1. Kunci : jangan dibayangkan, tapi gambarkanlah !


 











Dengan rumus phytagoras :

(AB)2 = (40)2 + (30)2
           = 1600 + 900
            = 2500
AB      = 50
Jadi jawabannya adalah 50 km                                               [d]


  1. ¼ berbanding 3/5 nya adalah….

jadi jawabannya adalah 5 berbanding 12                                [c]







  1. Kasus perbandingan berbalik nilai
Artinya semakin banyak pekerja, semakin cepat waktu pengerjaannya.
4 orang →15 hari
m orang→6 hari
logika :  m haruslah lebih besar dari 4
4 x 15 = m x 6
m         = (4 x 15 ) : 6
m         = 10
jadi jawabannya adalah 10 orang                                            [b]


  1. Diterjemahkan dalam bahasa matematika :
x = p x q = pq
y = q x p = qp
karena pq = qp maka x = y                                                      [c]


  1. jika digambarkan :




 









Perhatikan bahwa garis-garis di atas akan membagi kubus menjadi 8 bagian sama besar. Jika rusuk yang panjang adalah 10 cm, maka rusuk yang kecil adalah 5 cm. jumlah rusuk setiap kubus adalah 12. sehingga total panjang rusuk ke 8 kubus kecil adalah :
8 x 12 x 5 = 480
jadi jawabannya adalah 480 cm                                              [d]


  1. ingat volume tabung :
perhatikan bahwa jari-jari ( R ) dikuadratkan dan tinggi (t) hanya dikalikan
tinggi P = 2 x tinggi Q                        Vp = 2Vq
jari-jari P = ½ x jari-jari Q                   Vp = (1/2)2Vq = ¼ Vq
Vp = 2 x ¼ Vq
     = ½  Vq               Vp : Vq = 1 : 2                                     [a}






  1. Misal sepatu = U  sandal = L
Jumlah sepatu sama dengan 4 kali jmlah sandal     U = 4L
Sepatu + sandal = U + L = 4L + L = 5L = 1200 →  L = 240
Sepatu = U = 4L = 4 x 240 = 960
Jadi jawabannya adalah 960                                                   [b]





Bagian II

  1. Abaikan dulu perbedaan waktunya.
Berangkat sari S jam 5 pagi, sampai setelah 4 jam kemudian. Berarti tiba di S jam 9 waktu kota S. karena waktu S 3 jam lebih cepat dari kota M, maka jam 9 pagi waktu kota S sama dengan jam 6 pagi waktu kota M.
Jadi jawabannya adalah jam 6 pagi                                                     [d]


  1. Kasus perbandingan berbalik nilai.
Rata-rata gabungan     = 40
Rata-rata guru             = 35
Rata-rata dosen           = 50
Karena kasus perbandingan berbalik nilai, semakin banyak guru maka semakin sedikit dosen atau sebaliknya. Karena rata-rata guru lebih kecil, maka pasti jumlah guru lebih banyak dari dosen.
Cara cepat
Dalam banyak kasus yang serupa, cara berikut adalah cara yang paling efektif. Buatlah semacam garis yang menggambarkan ketiga nilai rata-rata kemudian cari selisihnya.

            Guru                            Gabungan                    Dosen

             35                                     40                              50                                                                                       

            selisih = 5                                selisih = 10

berbalik nilai →           guru : dosen = 10 : 5
Jadi perbandingannya adalah  2 : 1                                         [b]


  1. Jika intuisi anda sudah terlatih, anda akan segera mengetahui bahwa Jawabannya adalah 50.000 (lihat di bagian I no.3)
Jadi jawabannya adalah   Rp. 50.000,-                                   [c]





  1. Metoda analisa langsung dan bertahap :
50 ayam terdiri dari 27 jantan                         23 betina
27 jantan terdiri dari 18 hitam                                    18 jantan hitam
total dikandang 35 hitam                                17 betina hitam
karena betina ada 23 dan yang hitam ada 17, maka betina yang tidak hitam ada 6 ekor.
Jadi jawabannya adalah 6                                                       [a]


  1. Karena masing-masing posisi hanya diambil 1 calon, dan tidak ada seorangpun yang merangkap jabatan, maka banyak cara penyusunan :
        2 x 3 x 2 = 12  cara                                                     [c]


  1. Misal umur A sekarang  = F
Umur   B sekarang          = D
Sekarang umur A dua kali umur B, maka F = 2D
8 tahun yang lalu umur A tiga kali umur B, maka 
F – 8 = 3(D-8)
 2D – 8 = 3D – 24
D         = 16
Jadi umur B sekarang adalah 16 tahun
Umur A sekarang dua kali umur B = 32 tahun
Sehingga jumlah umur mereka adalah  48 tahun                    [e]


  1. Jumlah anak ada 5, maka rata-rata hitung adalah dijumlah dan dibagi 5
Hati-hati. Yang ditanyakan adalah anak sulung, maka yang dicari adalah yang paling tua. Dari persamaan didapat bahwa nilai yang paling besar adalah
2x – 3, maka umur anak sulung:
2 (15) – 3 = 27
jadi jawabannya adalah  27 tahun                                           [e]


  1. ST, vT, tT adalah jarak, kecepatan dan waktu untuk truk
Ss, vs, ts adalah jarak, kecepatan dan waktu untuk sedan
Truk berangkat jam 08.10 sedangkan sedan baru berangkat jam 08.40 berarti selisihnya adalah 30 menit = ½ jam
Waktu truk jelas lebih lama karena berangkat lebih dulu sehingga:
tT = ts + ½
Menyalip berarti jarak tempuh sedan dan truk adalah sama
Ingat rumus jarak                jarak = kecepatan x waktu
ST                    =  Ss
vT x tT              =  vs x ts
40  (ts + ½)        =  60 ts
ts                      =  1
artinya sedan baru menyalip setelah 1 jam
08.40 + 1 jam = 09.40
Jadi jawabannya adalah   09.40                                              [c]


  1. Lihat pembahasan pada soal no. 9 bagian I
Jawabannya adalah 1 : 1                                                         [c]


  1. Lihat pembahasan soal no.1 bagian I
        34 +16 – 40 = 10                                                         [c]

TES PENARIKAN KESIMPULAN (SILOGISME)

Tips dan Trik :

Untuk soal-soal perbandingan yang biasanya memiliki cirri-ciri memuat kata “lebih” atau “ daripada”, maka solusi termudah adalah dengan digambar atau ditulis


Bagian I

  1. Ingat tips di atas! Tulis / gambar biar lebih jelas
Susilo paling pandai di kelasnya.
Edi kalah pandai dibanding Leonardo.
Leonardo sama pandainya dengan Viki.
Viki lebih pandai dari Natsir.
Jika digambar kurang lebih sebagai berikut :


 











Tinggal cocokkan dengan opsi jawaban yang teredia. Maka jawabannya adalah bahwa  Viki lebih pandai dari Edi                                          [c]





  1. Dalam soal silogisme, seringkali dijumpai kata-kata “semua” atau “sementara”. Jika anda menemukan kata sementara/ada/beberapa/sebagian/mungkin semua, maka artinya adalah tidak semua atau minimal satu anggota. Jika dalam gambar, maka gunakan 2 tanda panah.
Jika anda menemukan kata semua/setiap, maka artinya adalah seluruh anggota tanpa kecuali. Jika dalam gambar, maka gunakan 1 tanda panah saja

Semua karyawan harus hadir dalam rapat rutin (artinya semua karyawan hadir dalam rapat. Maka diberi 1 tanda panah)
Sementara office boy adalah karyawan. (artinya tidak semua adalah karyawan. Maka diberi 2 tanda panah, yaitu karyawan dan bukan karyawan)


 






Tinggal lihat opsi jawaban. Maka jawaban yang sesuai adalah Sementara peserta rapat rutin adalah office boy                                                            [c]


  1.  


 













sesuai dengan gambar di atas, jawaban yang benar adalah
Kiki mempunyai tabungan sedikit                                          [e]



 

  1. lihat pembahasan no. 1 !










Jawaban  : Sementara penyanyi bukan bintang film               [d]                  


  1. Tips : Ambilah kesimpulan dari setiap kalimat
Ketika ayah dan ibu hermawan menikah, masing-masing telah mempunyai seorang anak.
berarti Hermawan telah mempunyai 1 saudara tiri dan 1 saudara kandung
Hermawan lahir persis setahun setelah perkawinan tersebut, dan memiliki 4 orang saudara.
berarti Hermawan memiliki 2 saudara kandung lagi.
Kesimpulannya : Hermawan memiliki 2 orang adik kandung            [a]


  1. Tips : Kalimat yang salah, berarti yang benar, adalah ingkaran/lawannya. Lawan semua adalah beberapa/sementara.
Perhatikan :

Kalimat :                     semua A adalah B
Ingkarannya :              beberapa A adalah bukan B

Kalimat :                     beberapa A adalah B
Ingkarannya :              semua A adalah bukan B

Semua dokter adalah laki-laki.
Maka ingkarannya adalah : beberapa dokter adalah bukan laki-laki
Atau    sementara dokter adalah bukan laki-laki                                 [c]


  1. Di awal pembahasan, anda telah kami beri tips untuk menggambarkan kalimat dengan tujuan agar anda tidak bingung dengan kalimat-kalimat logika yang diberikan. Tetapi jika anda mendapati soal yang dirasa cukup sederhana, anda tidak mesti menggambarkannya. Sekarang mari mencoba untuk menggambarkannya langsung. Ingat! Kalimat yang tidak didahului oleh semua/beberapa maksudnya adalah semua.
Merpati terbang ke utara.
Merpati adalah burung.

a.       Beberapa burung terbang ke utara (benar)
(merpati adalah bagian dari burung yang terbang ke utara)
b.      Semua burung adalah merpati (salah)
(semua merpati adalah burung, tetapi tidak semua burung adalah merpati)
c.       Tidak setiap merpati yang terbang ke utara adalah burung (salah)
(semua merpati adalah burung. Terbang kemana saja tetap menjadi burung)
d.      Burung bukan merpati (salah)                                                      
(semua burung bukan merpati adalah salah, karena semua merpati adalah burung)
e.       Tidak semua burung merpati terbang ke utara (salah)
(merpati terbang ke utara)                                                             [a]


  1. Lihat pembahasan no. 4









Jawaban :  Sebagian kertas harganya murah                                       [c]


  1. Hesti, Beli, Penky, dan Meli adalah mahasiswa satu angkatan dari universitas yang sama. Hesti lulus sebelum Beli, tetapi sesudah Penky, dan Meli lulus sebelum Hesti.

Bila diterjemahkan, maka urutan kelulusan mereka digambarkan kurang lebih sebagai berikut:

Penky
Meli
Hesti
Beli

Catatan :  Hesti lulus sesudah Penky, Meli lulus sebelum Hesti.
  Penky dan Meli lulus sebelum Hesti, tetapi belum dapat ditentukan apakah Penky dan Meli lulus bersamaan atau  ada yang lulus lebih dahulu.

Jawaban :  Beli lulus palinha akhir                                                      [b]


  1. Pengurus koperasi seharusnya berjiwa sosial. Sebagian ketua RT pernah menjadi pengurus koperasi.

Jawaban :  Sebagian ketua RT seharusnya berjiwa sosial.                  [e]

Semakin anda sering berlatih, anda akan terbiasa mengerjakan silogisme dengan cepat.     


  1. Beberapa dosen bergabung dalam tim karawitan. Tim karawitan tidak ada yang menjadi pemain tennis.

Jawaban :  Beberapa dosen bukan pemain tenis.                                [b]





Bagian II


  1. Langsung jawab → tidak bisa ditarik kesimpulan.                             [e]

Perhatikan : Tidak ada korelasi antara burung, sirip, kuda, dan rumput. Maka kesimpulan tidak dapat ditentukan.


  1. A dan B berasal dari fakultas yang sama
D dan E juga berasal dari fakultas yang sama.
Perhatikan syaratnya : Mahasiswa yang berasal dari fakultas yang sama tidak boleh duduk berdekatan.
Langsung cari pilihan dijawaban. Yang tidak memenuhi syarat adalah jawaban yang salah.

a.       A,D,E,B,C (salah)
b.      A,B,C,D,E (salah)
c.       E,C,D,A,B (salah)
d.      A,C,E,D,B (salah)
e.       D,C,A,E,B (benar)                                                                        [e]


  1. Semua guide pandai berbahasa asing.
Fido bukanlah seorang guide.
Perhatikan kalimatnya !
Semua guide pandai berbahasa asing. 
Kalimat tersebut tidak dapat dibalik. Artinya yang pandai berbahasa asing bukan guide. Sehingga jika dikatakan bahwa Fido bukanlah seorang guide, maka belum tentu ia tidak pandai berbahasa asing.

Jadi tidak ada kesimpulan yang benar                                                [e]


  1. Beberapa mobil berwarna hitam.Semua mobil mempunyai roda.



 












Kesimpulan :  Beberapa mobil dan berwarna hitam mempunyai roda            [e]
  1. Lihat kembali soal-soal bagian I !


 












Kesimpulan :  Semua sepeda motor yang berwarna hitam dilengkapi speedometer                                                                          [d]


  1. Selama semester ini Budi belum pernah mendapat nilai lebih baik daripada teman-temannya.
Semester ini Budi memiliki nilai yang paling rendah
Heru termasuk dari separuh siswa yang terpandai di kelasnya.
Heru termasuk separuh terpandai
Agus lebih pandai daripada Heru dalam pelajaran matematika
Dalam matematika Agus lebih pandai dari Heru
Ulangan biologinya lebih rendah daripada hasil ulangan Budi.
Dalam biologi Budi lebih pandai dari Agus
Kesimpulan : Budi lebih bodoh daripada Heru                                  [b]


  1. Perhatikan baik-baik tiap kalimat dalam soal :
1)      Tidak semua sarjana yang pandai lolos ujian CPNS.
2)      Semua sarjana yang bodoh tidak lolos ujian CPNS.
3)      Tidak semua sarjana yang pandai selalu mempunyai nilai ijazah yang lebih baik daripada yang lebih bodoh.
4)      Purdi mempunyai nilai  ijazah yang lebih buruk daripada Alan.
Analisis jawaban :
a.       Alan lebih pandai daripada Purdi (salah)
Bertentangan dengan pernyataan no. 3
b.      Tidak mungkin Purdi akan lolos ujian CPNS (salah)
Sesuai dengan no. 2, yang tidak lolos adalah sarjana yang bodoh. Sedangkan Purdi bukanlah sarjana bodoh.
c.       Mungkin Purdi dan Alan akan lolos ujian CPNS (benar)
Kita tidak dapat menyimpulkan bahwa Purdi dan Alan termasuk sarjana yang pandai atau bodoh. Jika mereka bodoh maka tidak akan lolos ujian CPNS. Tapi jika mereka termasuk sarjana pandai, mungkin mereka bisa lolos ujian CPNS.
d.      Tidak mungkin Purdi dan Alan adalah satu alumni (salah)
Jawaban ngaco
e.       Tidak mungkin Alan akan lolos ujian CPNS (salah)
Sama dengan opsi b                                                                      [c]

  1. Mari kita urutkan pernyataannya dalam bentuk table.

Zani
Yan
Wana
Alex
Vira

Zani Hadi lahir sebelum Wana Hadi.
Wana Hadi lahir sesudah Yan Hadi, tetapi sebelum Alex Hadi.
Yan Hadi lahir sesudah Zani Hadi.
Vira Hadi lahir sesudah Alex Hadi.

Kesimpulan :  Zani Hadi paling tua                                                    [d]


  1. Terkadang di dalam soal tidak semua kalimat bisa digunakan untuk menarik kesimpulan. Biasanya ada beberapa yang dibuat hanya untuk mengecoh peserta ujian. Maka kami harap anda jangan bingung apalagi terkecoh.
Semua hewan adalah mahluk hidup.
Semua mahluk hidup akan mati

Kesimpulan : Semua hewan akan mati.                                              [c]


  1. Silahkan lihat penjelasan pada soal-soal sebelumnya.
Semua bayi minum ASI.
Sebagian bayi diberi makanan tambahan.

Kesimpulan :  Sebagian bayi minum ASI dan diberi makanan tambahan      [c]





















BAHASA INDONESIA


  1. A.  Dwi fungsi
  2. B.  Produktivitas
  3. A.  Dibawah tekanan
  4. E.   Adapun usulnya patut dihargai
  5. B.  (Rp. 500.000,-) lima ratus ribu rupiah
  6. C.  Muladi, S.H
  7. A.  Kita akan berhasil dalam ujian, jika kita belajar sungguh-sungguh
  8. A.  Masalah kebahasaan di Indonesia sangat rumit, karena itu pengelolaannya perlu dilakukan sungguh-sungguh dan berencana.
  9. B. Ciri pemimpin yang baik adalah sebagai berikut: menegakkan kebenaran, dapat dipercaya, mengajak berbuat baik, dan cerdas.
  10. D. Menerapkan
  11. B. Mampu
  12. E.  Asam garam
  13. C.  Salah arus
  14. C.  Hewan
  15. B.  Ayahku menyintai musik klasik.
  16. E.  Penyair itu melukiskan tanah kelahirannya, tetapi lukisan itu kurang mengesankan.
  17. B.  Pertemuan itu membahas mengenai agenda reformasi kehidupan berbangsa dan bernegara.
  18. C.   Dia mabuk karena banyak minuman alkohol.
  19. D.  Dia bekerja keras untuk mewujudkan cita-citanya.
  20. C.   Menerima
  21. E.   Dia lebih pandai menulis berita daripada sajak.
  22. C.  Banyak remaja cepat menikah dan pernikahan mereka sering berakhir dengan perceraian karena mereka belum matang untuk berkeluarga.
  23. C.  Mengharapkan burung terbang tinggi, punai di tangan dilepaskan.
  24. D.  Selain tafsiran pada c, cuplikan itu juga menyiratkan nada cemooh dan anti kezaliman yang mungkin dilakukan oleh siapapun
  25. D.  Sajak itu melambangkan keyakinan bahwa kezaliman tidak dapat memusnahkan rakyat apabila daya hidup, tekad, dan semangat rakyat tetap kuat berkat rahmat Tuhan



PANCASILA

  1. E.  Menghargai aktifitas inter dan umat beragama serta pemerintah
  2. E.  Mengatur tata cara beribadah secara bersama
  3. E.  Mengurangi impor barang dari luar negeri agar devisa tetap stabil
  4. A.  Memasang bendera
  5. B.  Memberikan pekerjaan sesuai dengan kodrat kemanusiaannya
  6. B.  Berdoa
  7. B.  Melaksanakan hasil putusan bersama

  1. A.  Kebebasan yang bersumber pada martabat manusia sebagai mahluk ciptaan Tuhan
  2. C.  Bersyukur dan selalu berusaha lebih baik
  3. D.  Meletakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan
  4. E.  Bencana alam yang tak terkendali
  5. A.  Republik
  6. A.  DPR dan MPR
  7. B.  Flora dan fauna
  8. D.  Menerima dan mengajukan pendapat dengan cara manusiawi
  9. A.  Menghormati dan menghargai orang lain
  10. C.  Tut wuri handayani
  11. B.  Bab IV pasal 16 ayat (2)
  12. C.  Dihadiri oleh 2/3 jumlah anggota MPR dan disetujui oleh ½ yang hadir
  13. E.  Musyawarah dan mufakat
  14. B.  Susila
  15. B.  Eksklusivisme
  16. B.  Kemanusiaan yang adil dan beradab
  17. B.  Pakaian, rumah tinggal, dan makan
  18. B.  Negara beserta aparatur negara yang bersifat dominant dan etatisme



TATA NEGARA

  1. A.  Pemerintah
  2. A.  Teori teokrasi
  3. E.  Teori kekuasaan
  4. E.  Teori hukum alam
  5. B.  Rakyat
  6. E.  Rakyat, wilayah, pemerintah yang berdaulat
  7. A.  Mutlak
  8. D.  Melindungi segenap bangsa dan tanah air
  9. E.  Melestarikan kehidupan setiap suku
  10. D.  Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran
  11. D.  Melaksanakan ketertiban dunia
  12. B.  Mewujudkan keadilan sosial
  13. E.  Uni
  14. A.  Serikat
  15. E.  Aristokrasi
  16. D.  Demokrasi
  17. C.  Republik
  18. A.  Agama
  19. A.  Hukum
  20. E.  Utusan pemerintah
  21. D.  Bab XII pasal 30 ayat (1)
  22. D.  Hukum administrasi negara
  23. B.  Berdasarkan hukum
  24. B.  UUD 1945
  25. C.  Ketetapan presiden


SEJARAH INDONESIA

  1. D.  Mempertebal rasa kesukuan
  2. C.  Saling mengenal suku-suku bangsa
  3. A.  Pedagang dan para penyebar agama
  4. A.  Industri gula
  5. B.  Sarekat Islam
  6. C.  Gunawan
  7. E.  Pengaruh pergerakan kebangsaan Filipina
  8. E.  Berdasarkan kekuatannya pada hukum Marhaen
  9. A.  Dr. Wahidin Soedirohoesodo
  10. E.  Menjaga jangan sampai terjadi bentrokan fisik Indonesia - Jepang
  11. D.  Prerogatif
  12. E.  W.R Supratman
88.  D.  Pihak internasional menganjurkan agar Belanda tidak menggunakan kekerasan
  1. A.  Van Royen
  2. C.  Moh. Roem
  3. B.  Andi Azis
  4. D.  Akan mengadakan KAA, membahas konferensi Bogor, membicarakan   masalah Vietnam
  5. D.  Diselamatkannya dasar negara pancasila
  6. B.  Yogyakarta
  7. E.  Kerjasama dengan ideologi komunis
  8. E.  Decolonization
  9. D.  Liberalis
  10. E.  Setelah Indonesia mengenal obat pembasmi hama pestisida
  11. B.  Meningkatkan sarana telekomunikasi
100.    A.  Seluruh sektor pembangunan



KEBIJAKSANAAN PEMERINTAH

101.    B.  Bertentangan dengan hak asasi manusia
102.    D.  Badan Penyehatan Perbankan Nasional
103.    E.  KKN bertentangan dengan keadilan
104.    B.  Bertentangan dengan HAM
105.    B.  Asas proporsionalitas
106.    D.  Proporsional berdasarkan stelsel daftar
107.    D  PP RI No. 12 tahun 1999 jo No. 5 tahun 1999
108.    C.  Melengkapi keanggotaan DPRD Tk. I dan DPRD Tk. II
109.    B.  Komisi Pemilihan Umum
110.    C.  UU No. 4 tahun 1999
111.    C.  Undang-undang






112.    C.  No. 3/1989
113.    A.  Pendidikan dasar
114.    B.  Mengabdikan dirinya dalam penyelenggaraan pendidikan
115.    E.  Menteri pendidikan dan kebudayaan
116.    E.  Satuan pendidikan sebagai satu keseluruhan
117.    E.  Pendidikan luar sekolah
118.    A.  Pegawai negeri
119.    E.  Pemberhentian
120.    C.  Serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 40 tahun
121.    B.  Cuti besar
122.    B.  Diberhentikan dengan tidak hormat
123.    C.  Merupakan hak pegawai
124.    A.  Dasar pembinaan bagi pegawai negeri sipil
125.    A.  Pegawai SLTP dan SLTA





BAHASA INGGRIS


1.            B. The role of SMEs of   national economy development
2.            A. Yes, the play important role in the national economic development
3.            A. Improve market share
4.            A. Formal cooperation arrangements between at least three business institutions
5.            A. Tiny
6.            A. Explanation
7.            B. Despite everything
8.            C. In the absence of
9.            A. Process of thinking
10.        A. Increase of amount
11.        A. Declared
12.        B. Talked
13.        A. Steal
14.        C. At most
15.        D. Entering
16.        A. Son
17.        A. Previous indigenous
18.        B. Passes through                               
19.        B. Which are                          
20.        D. Very especially                  
21.        B.  Share holder                                        
22.        A.  Is very
23.        A.  Need
24.        A.  To analysis
25.        C. Warning
26.        C. Was
27.        C. Who are responsible
28.        B. Work
29.        B. Gave
30.        D. Read
31.        A. Is expected
32.        A. Were brought
33.        C. Used to go to school
34.        A. Will have finished
35.        B. Have some assistants help us
36.        C. Might have been
37.        B. Leave
38.        C. Is fully booked
39.        A. the strong support from all the members of her family
40.        B. People may wonder how Badui Dalam people can walk such long distance
41.        E. Involving
42.        B. Dissapointing
43.        E. To take
44.        A. Whom Indonesia”
45.        C. She signed a year’s rent for the house although she didn’t like it


☺☺☺☺☺

About Idham Sumirat

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

 

Video of the Day