RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas / Sumber                :  VI / I
Pertemuan ke                  :  I ( Satu ).
Alokasi Waktu                : 2 x 35 menit ( 1 kali pertemuan ).
Standar Kompetensi        : MENDENGARKAN.
Memahami teks dan cerita anak yang dibaca.
Kompetensi Dasar           : Menulis hal – hal penting / pokok dari suatu teks yangdi bacakan.
Indikator                         : 1. Mencatat pokok – pokok isi teks yang dibacakan.
2. Menuliskan pokok – pokok isi teks ke dalam beberapa kalimat.

I.       Tujuan Pembelajaran
-          Siswa dapat mencatat pokok – pokok isi teks yang di bacakan dengan benar.
-          Siswa dapat menuliskan pokok – pokok isi teks ke dalam beberapa kalimat dengan tepat.
II.     Materi pokok           : Teks bacaan cerita anak ( sesuaikan dengan buku yang ada )
III.   Metode                     : Diskusi, Tanya jawab, ceramah, tugas.
IV.  Langkah – langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Awal
·   Guru bertanya tentang cerita yang pernah didengar anak.
·   Guru bertanya tentang isi pokok – pokok cerita yang didengar salah satu anak.
  1. Kegiatan inti
·   Siswa mendengarkan teks yang dibaca oleh guru.
·   Siswa mendiskusikan pokok – pokok isi teks / cerita.
·   Guru menugaskan siswa mencatat pokok – pokok isi teks.
·   Guru menugaskan siswa menuliskan pokok – pokok isi teks ke dalam beberapa kalimat.
·   Siswa dan guru Tanya jawab tentang kalimat – kalimat yang di tulis siswa supaya kalimat menjadi benar.

  1. Kegiatan Akhir
  • Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran dan membuat kesimpulan atau penguatan.
  • Siswa menjawab soal – soal .
  • Menempelkan hasil pekerjaan siswa untuk dijadikan pajangan di kelas.
V.     Alat dan Sumber Belajar
        Buku teks Terampil Berbahasa Indonesia kelas 6 ( Bengawan Umu ) hal 60 – 67
        Buku teks lain yang sesuai.
VI.  Penilaian
  1. Kognitif : Teks tertulis / lesan.
No
Butir – butir soal
Kunci jawaban
1.
2.

Tuliskan pokok – pokok sisi suatu cerita ( dari guru )
Tuliskan beberapa kalimat dari pokok – pokok isi cerita diatas.
Kebijaksanaan guru.
Kebijaksanaan guru.























  1. Lembar pengamatan / afektif ( Diamati saat kerja kelompok / KBM )
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Keberanian
Kerjasama
Tanggung Jawab










  1. Psikomotorik : Lembar Portofolio
Tuliskan beberapa kalimat dari cerita yang dibacakan temanmu !
 
 



Sudungdewo,

Mengetahui
Kepala Sekolah



Guru Kelas

PURWOTO, S.Pd.
NIP. 19620110 198201 1 004
PRIYONO, S.Pd.
NIP. 19700820 200501 1 010



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas / Sumber                :  VI / I
Pertemuan ke                  :  2 ( Dua ).
Alokasi Waktu                :  3 x 35 menit ( 1 kali pertemuan ).
Standar Kompetensi        :  MENDENGARKAN.
  Memahami teks dan cerita anak yang dibaca.
Kompetensi Dasar           :  Menulis hal – hal penting / pokok dari suatu teks yang dibacakan.
Indikator                         :  1. Menulis ringkasan isi teks.

I.       Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menuliskan ringkasan isi teks dengan tepat.
II.    Materi pokok           : Teks bacaan cerita anak.
III. Metode                     : Diskusi, Tanya jawab, Ceramah, Tugas.
IV.  Langkah – langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Awal
-    Guru bertanya tentang cerita yang didengar anak.
-    Guru menanyakan isi cerita yang didengar anak.
  1. Kegiatan Inti
-    Siswa mendengarkan teks yang dibaca oleh guru.
-    Siswa mendiskusikan pokok – pokok isi teks / cerita
-    Siswa menuliskan pokok – pokok isi teks ke dalam beberapa kalimat.
-    Siswa mengembangkan kalimat – kalimat tersebut menjadi beberapa paragraph sehingga menjadi ringkasan isi teks.
  1. Kegiatan Akhir
-    Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran dan membuat kesimpulan atau penguatan.
-    Siswa mengerjakan soal – soal latihan.
-    Menempelkan hasil pekerjaan siswa untuk dijadikan pajangan di kelas.
V.     Alat dan Sumber Belajar
-          Buku teks Terampil Berbahasa Indonesia kls 6 ( Bengawan Ilmu ) hal 60 – 62.
-          Buku teks lain yang sesuai.
VI.  Penilaian
  1. Kognitif : Teks tertulis / lesan
No
Butir – butir soal ( dari teks bacaan )
Kunci Jawaban






























  1. Lembar pengamatan / afektif ( diamati saat kerja kelompok / KBM )
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Keberanian
Kerjasama
Tanggung Jawab









Keterangan : Keberanian = 10 – 40 ; Kerjasama = 10 – 30 ; Tanggung Jawab ; 10 - 30

  1. Psikomotorik
Tuliskan ringkasan isi teks / cerita yang kamu dengar !
 
 






                                                                        Sudungdewo,…………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah



Guru Kelas

PURWOTO, S.Pd.
NIP. 19620110 198201 1 004
PRIYONO, S.Pd.
NIP. 19700820 200501 1 010
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas / Sumber                :  VI / I
Pertemuan ke                  :  3 ( Tiga ).
Alokasi Waktu                :  2 x 35 menit ( 1 kali pertemuan ).
Standar Kompetensi        :  BERBICARA.
Memberikan informasi dan tanggapan secara lesan.
Kompetensi Dasar           : Menyampaikan pesan / informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut, naik dan benar.
Indikator                         : 1. Mencatat pokok – pokok informasi yang disampaikan oleh beberapa teman.

I.       Tujuan Pembelajaran
-          Siswa dapat mencatat pokok – pokok informasi yang akan disampaikan dengan bahasa yang runtut, baik dan benar.

II.    Materi pokok  :  - Teks bacaan yang digunting atau diambil dari koran.
                                 - Teks bacaan pada buku yang sesuai.
III. Metode            : Diskusi, Tanya jawab, Ceramah, Tugas.
IV.  Langkah – langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Awal
·   Guru bertanya tentang pesan yang disampaikan ibu sebelum berangkat sekolah.
·   Guru bertanya pada beberapa siswa tentang sesn masing – masing ibunya sebelumberangkat sekolah.
·   Guru menanyakan hal lain yang berhubungan dengan pesan atau informasi mis dari televise atau radio.

  1. Kegiatan Inti
·   Siswa mendengarkan pesan / informasi yang disampaikan oleh beberapa teman.
·   Siswa mendiskusikan pesan / informasi yang disampaikan oleh teman dengan kelompoknya.
·   Siswa mencatat pokok – pokok informasi yang disampaikan oleh beberapa teman.
·   Guru memberi penguatan.
  1. Kegiatan Akhir
·   Guru / siswa merefleksikan hasil pembelajarannya dan membuat kesimpulan.
·   Siswa menuliskan rangkuman materi
·   Siswa mengerjakan soal
·   Menempelkan hasil pekerjaan siswa untuk dijadikan pajangan di kelas.
V.     Alat dan Sumber Belajar
-          Buku teks
-          Koran / Majalah
VI.  Penilaian

  1. Kognitif : Tes Tertulis                                                  Nilai : ……………
No
Butir – butir soal
Kunci Jawaban
1.
Tuliskan 5 pokok pesan yang disampaikan teman pada kegiatan pembelajaran
Kebijaksanaan guru




















  1. Lembar Pengamatan / afektif  ( diamati saat kerja kelompok / KBM )
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Keberanian
Kerjasama
Tanggung Jawab








Keterangan : Keberanian = 10 – 40 ; Kerjasama = 10 – 30 ; Tanggung Jawab ; 10 - 30


  1. Psikomotorik
Lembar Tugas
Tuliskan pokok – pokok pesan yang disampaikan teman !
 
 






                                                                                    Sudungdewo,…………………………..


Mengetahui
Kepala Sekolah



Guru Kelas

PURWOTO, S.Pd.
NIP. 19620110 198201 1 004
PRIYONO, S.Pd.
NIP. 19700820 200501 1 010




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas / Sumber                :  VI / I
Pertemuan ke                  :  4 ( Empat ).
Alokasi Waktu                :  3 x 35 menit ( 1 kali pertemuan ).
Standar Kompetensi        :  BERBICARA.
                                          Memberikan informasi dan tanggapan secara lesan.
Kompetensi Dasar           :  Menyampaikan pesan / informasi yang diperolah dari berbagai media dengan bahasa runtut baik dan benar.
Indikator                         :  Menyampaikan ( secara lisan ) informasi yang telah di sampaikan oleh beberapa teman dengan bahasa yang runtut, baik dan benar.

I.       Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyampaikan ( secara lisan ) informasi yang telah disampaikan oleh beberapa teman dengan bahasa yang runtut, baik dan benar.

II.    Materi pokok           : - Teks bacaan yang digunting atau diambil dari Koran
                                         - Teks bacaan pada buku yang sesuai
III. Metode                     : Diskusi, Tanya Jawab, tugs, Ceramah
IV.  Langkah – langkah pembelajaran
  1. Kegiatan awal
-          Guru bertanya tentang pesan yang pernah diterima anak.
-          Guru menanyakan hal lain yang berhubungan dengan pesan atau informasi misalnya dari televisi atau radio.

  1. Kegiatan inti
-          Siswa mendengarkan pesan / informasi yang disampaikan oleh beberapa teman.
-          Siswa mendiskusikan pesan / informasi yang disampaikan oleh teman dengan kelompoknya.
-          Siswa mencatat pokok – pokok informasi yang disampaikan oleh beberapa teman.
-          Siswa menyampaikan isi pesan ( secara Lisan ) yang telah disampaikan teman.
  1. Kegiatan akhir
-          Guru / siswa merefleksikan hasil pembelajaran dan membuat kesimpulan.
-          Siswa menulis rangkuman materi
-          Siswa mengerjakan soal
-          Menempelkan hasil pekerjaan siswa untuk dijadikan pajangan dikelas.
V.     Alat dan sumber Belajar
-          Buku teks yang sesuai
-          Koran / Majalah
VI.  Penilaian
  1. kognitif : Tes tertulis / lesan                                                     Nilai : ……………….
No
Butir – butir soal
Kunci jawaban

Sampaikan isi pesan dari temanmu
Kebijaksanaan guru






















  1. Lembar pengamatan / afektif ( diamati saat kerja kelompok / KBM )
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Keberanian
Kerjasama
Tanggung Jawab








Keterangan : Keberanian = 10 – 40 ; Kerjasama = 10 – 30 ; Tanggung Jawab ; 10 - 30

  1. Psikomotorik
Lembar tugas
Tuliskan pokok – pokok pesan yang disampaikan teman !
 
 




                                                                                    Sudungdewo,…………………………..


Mengetahui
Kepala Sekolah



Guru Kelas

PURWOTO, S.Pd.
NIP. 19620110 198201 1 004
PRIYONO, S.Pd.
NIP. 19700820 200501 1 010









































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas / Sumber                :  VI / I
Pertemuan ke                  :  5 ( Lima ).
Alokasi Waktu                :  3 x 35 menit ( 1 kali pertemuan ).
Standar Kompetensi        :  MEMBACA.
                                          Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas.
Kompetensi Dasar           :  Mendiskripsikan isi dan tekhnik penyajian suatu laporan hasil pengamatan / kunjungan.
Indikator                         :  1. Mencatat pokok – pokok isi laporan hasil pengamatan.
                                          2. Menjelaskan isi laporan kepada orang lain secara sistimatis.

I.       Tujuan Pembelajaran
-    Siswa dapat mencatat pokok – pokok isi laporan hasil pengamatan dengan tepat.
-    Siswa dapat menjelaskan isi laporan kepada orang lain secara sistimatis.
II.    Materi Pokok           : Teks laporan hasil pengamatan / kunjungan.
III. Metode                     : Diskusi, ceramah, Tanya jawab.
IV.  Langkah – langkah pembelajaran
  1. Kegiatan Awal
·   Guru bertanya tentang tempat – tempat yang pernah dikunjungi siswa.
·   Guru bertanya hal lain yang berhubungan dengan tempat yang dikunjungi siswa.
  1. Kegiatan Inti
·   Siswa membaca teks laporan hasil pengamatan / kunjungan.
·   Guru menjelaskan siswa mencatat pokok – pokok isi laporan hasil pengamatan.
·   Siswa mendiskusikan isi dan teknik penyajian suatu laporan pengamatan / kunjungan.
·   Siswa mengidentifikasi isi dan teknik laporan hasil pengamatan / kunjungan.
·   Siswa menjelaskan isi laporan yang dibaca dengan bahasa yang komunikatif.
  1. Kegiatan Akhir
1.Guru / siswa merefleksikan hasil pelajarannya dan membuat kesimpulan atau penguatan.
2.Siswa menulis rangkuman materi.
3.Siswa mengerjakan soal – soal.
4.Menempelkan hasil pekerjaan siswa untuk dijadikan pajangan dikelas.
V.     Alat dan sumber belajar
-    Contoh laporan pengamatan / kunjungan.
-    Buku teks terampil Berbahasa Indonesia kls 6 ( Bengawan Ilmu ) hal 43 – 45
-    Buku lain yang sesuai.
VI.  Penilaian

A.     Kognitif : Tes tertulis / lesan                                                          Nilai : ……………….
No
Butir – butir soal
Kunci jawaban
1.

2.
Tuliskan pokok – pokok isi laporan yang kamu baca !
Buatlah 2 kalimat tentang isi laporan yang telah dibaca 1
Kebijaksanaan guru

Kebijaksanaan guru

















B.     Lembar pengamatan / afektif ( diamati saat kerja kelompok / KBM )
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Keberanian
Kerjasama
Tanggung Jawab








Keterangan : Keberanian = 10 – 40 ; Kerjasama = 10 – 30 ; Tanggung Jawab ; 10 - 30

C.  Portofolio / kinerja
Lembar tugas
Tuliskan isi laporan hasil pengamatan dari bacaan yang kamu baca dengan bahasa yang sistimatis !
 
 





                                                                        Sudungdewo,…………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah



Guru Kelas

PURWOTO, S.Pd.
NIP. 19620110 198201 1 004
PRIYONO, S.Pd.
NIP. 19700820 200501 1 010









































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas / Sumber                :  VI / I
Pertemuan ke                  :  6 ( Enam ).
Alokasi Waktu                :  2 x 35 menit ( 1 kali pertemuan ).
Standar Kompetensi        :  MEMBACA.
                                          Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas.
Kompetensi Dasar           :  Mendiskripsikan isi dan tekhnik penyajian suatu laporan hasil pengamatan / kunjungan.
Indikator                         :  Menyebarkan teknik penyajian suatu laporan pengamatan / kunjungan.

I.       Tujuan pembelajaran
- Siswa dapat menyebarkan tekhik penyajian suatu laporan pengamatan / kunjungan.
II.    Materi Pokok           : Teks laporan hasil pengamatan / kunjungan.
III. Metode                     : Diskusi, Ceramah, Tanya Jawab, Tugas
IV.  Langkah – langkah pembelajaran
  1. Kegiatan Awal
-    Guru bertanya tentang tempat – tempat yang pernah dikunjungi siswa
-    Guru bertanya hal lain yang berhubungan dengan tempat yang dikunjungi siswa.
  1. Kegiatan Inti
-    Siswa membaca teks  laporan hasil pengamatan / kunjungan
-    Siswa mendiskusikan isi dan tekhnik penyajian suatu laporan pengamatan / kunjungan.
-    Siswa mengidentifikasi isi dan teknik laporan hasil pengamatan / kunjungan.
-    Siswa menjelaskan teknik penyajian suatu laporan pengamatan / kunjungan.
-    Guru memberi penguatan cara menjelaskan teknik penyajian suatu laporan pengamatan / kunungan.

  1. Kegiatan Akhir
-    Guru / siswa merefleksikan hasil pembelajarannya dan membuat kesimpulan atau penguatan.
-    Siswa menulis rangkuman materi.
-    Siswa mengerjakan soal – soal.
-    Menempelkan hasil pekerjaan siswa untuk dijadikan pejangan kelas.
V.     Alat dan Sumber belajar
-    Contoh laporan pengamatan / kujungan
-    Buku teks terampil Berbahasa Indonesia kls 6 ( Bengawan Ilmu ) hal 43 – 45.
-    Buku lain yang sesuai.
VI.  Penilaian

A.     Kognitif : Tes tertulis / lesan                                                          Nilai : ……………….
No
Butir – butir soal
Kunci jawaban



























B.     Lembar pengamatan / afektif ( diamati saat kerja kelompok / KBM )
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Keberanian
Kerjasama
Tanggung Jawab








Keterangan : Keberanian = 10 – 40 ; Kerjasama = 10 – 30 ; Tanggung Jawab ; 10 - 30
C.  Portofolio / kinerja
Lembar tugas
Tuliskan isi laporan hasil pengamatan dari bacaan ( Tugas gurumu )
 
 





                                                                                    Sudungdewo,…………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah



Guru Kelas

PURWOTO, S.Pd.
NIP. 19620110 198201 1 004
PRIYONO, S.Pd.
NIP. 19700820 200501 1 010









































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas / Sumber                :  VI / I
Pertemuan ke                  :  7 ( Tujuh ).
Alokasi Waktu                :  2 x 35 menit ( 1 kali pertemuan ).
Standar Kompetensi        :  MENULIS.
                                          Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulis, ringkasan, dialog, dan parafrase.
Kompetensi Dasar           :  Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
Indikator                         :  1. Menentukan tema / topik pecakapan berdasarkan gambar.
                                          2. Menyusun percakapan dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

I.       Topik Pembalajaran
-          Siswa dapat menentukan tema / topic percakapan berdasarkan gambar dengan tepat
-          Siswa dapat menyusun percakapan dengan memperhatikan penggunaan ejaan dengan tepat dan benar.

II.    Materi Pokok           :  Susunan gambar suatu peristiwa
                                    Ejaan ( huruf  capital dan tanda baca )
III. Metode                     :  Diskusi, Ceramah, Tanya Jawab, Tugas
IV.  Langkah – langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Awal
-    Guru bercerita tentang perlunya kita bercakap – cakap dengan orang lain.
-    Guru bertanya tentang guna bercakap – cakap dengan orang lain.
  1. Kegiatan Inti
·   Siswa mencermati gambar bertema tentang percakapan.
·   Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai cara menyusun percakapan.
·   Siswa mengidentifikasi susunan gambar acak menjadi suatu urutan peristiwa yang utuh.
·   Siswa menentukan tema / topik percakapan berdasarkan susunan gambar.
·   Siswa  menulis teks percakapan berdasarkan susunan gambar dengan memperhatikan penggunaan ejaan huruf ( huruf capital dan tanda baca )

  1. Kegiatan Akhir
1.Guru / Siswa merefleksikan hasil pembelajaran dan membuat penguatan.
2.Siswa menulis rangkuman materi.
3.Siswa mengerjakan soal.
4.Menempelkan hasil pekerjaan siswa untuk dijadikan pajangan di kelas.
V.     Alat dan Sumber Belajar
-          Buku terampil berbahasa Indonesia kls 6 ( bengawan Ilmu ) hal 41 – 43 atau yang sesuai.
-          Potongan – potongan gambar suatu peristiwa yang melibatkan lebih dari satu tokoh.
VI.  Penilaian
A.                 Kognitif : Tes tertulis / lesan                                                           Nilai : ……………….
No
Butir – butir soal
Kunci jawaban


















B.                 Lembar pengamatan / afektif ( diamati saat kerja kelompok / KBM )
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Keberanian
Kerjasama
Tanggung Jawab












Keterangan : Keberanian = 10 – 40 ; Kerjasama = 10 – 30 ; Tanggung Jawab ; 10 - 30
C.  Portofolio / kinerja
Lembar tugas
Buatlah teks percakapan berdasarkan susunan gambar berikut !
 
 





                                                                                    Sudungdewo,…………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah



Guru Kelas

PURWOTO, S.Pd.
NIP. 19620110 198201 1 004
PRIYONO, S.Pd.
NIP. 19700820 200501 1 010







































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas / Sumber                :  VI / I
Pertemuan ke                  :  8 ( Delapan ).
Alokasi Waktu                :  2 x 35 menit ( 1 kali pertemuan ).
Standar Kompetensi        :  MENDENGARKAN.
                                          Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan.
Kompetensi Dasar           :  Mengindentifikasi tokoh, watak, latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan.
Indikator                         :  1. Menjelaskan tokoh – tokoh cerita dan sifat - sifatnya.
         2. Menentukan  latar  cerita dengan mengutip kalimat atau paragraph yang    
mendukung.

I.       Tujuan Pembelajaran
-          Siswa dapat menjelaskan tokoh – tokoh cerita dan sifat – sifatnya dengan tepat.
-          Siswa dapat menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraph yang mendukung dengan tepat.

II.    Materi pokok           : Teks cerita anak
III. Metode                     : Diskusi, Ceramah, Tanya Jawab, Tugas
IV.  Langkah – langkah pembelajaran
  1. Kegiatan Awal
-    Guru bertanya tentang cerita anak yang pernah di dengar
-    Guru bertanya tentang tokoh – tokoh dan sifat – sifat para pelaku pada cerita yang pernah didengar anak.

  1. Kegiatan Inti
-    Siswa mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh guru atau teman
-    Siswa mendiskusikan tokoh – tokoh dan sifat – sifat pelaku dalam cerita
-    Siswa mencatat unsur cerita seperti tokoh dan sifatnya, latar cerita
-    Siswa membacakan hasil diskusi kelompok.
  1. Kegiatan Akhir
-    Guru / siswa merefleksikan hasil pembelajaran dan membuat kesimpulan.
-    Siswa menuliskan ramgkuman materi
-    Siswa mengerjakan soal – soal.
-    Menempelkan hasil pekerjaan siswa untuk dijadikan pajangan di kelas.
V.     Alat dan Sumber Belajar
-          Buku terampil berbahasa Indonesia kls 6 ( Bengawan Ilmu ) hal 58 – 60 atau yang sesuai.
-          Gambar yang sesuai dengan materi.
VI.  Penilaian
A.     Kognitif
-          Tes lisan
-          Tes tertulis
B.     Afektif
-          Skala sikap
-          performance
C.     Psikomotorik
-          Proyek
-          Produk
-          Portofolio
No
Aspek Penilaian menulis ringkasan cerita
Skor
1.



2.
Keruntutuan Kalimat
a.       Runtut
b.      Kurang runtut
c.       Tidak runtut
Ejaan
a.       Sempurna sesuai EYD
b.      Cukup sempurna EYDnya
c.       Kurang sempurna EYDnya

5
3
2

5
3
2












LEMBAR PENILAIAN



A.     Kognitif : Tes tertulis / lesan                                                          Nilai : ……………….
No
Butir – butir soal ( pertanyaan dari bacaan )
Kunci jawaban
1.
2.
Kebijaksanaan guru kelas




Kebijaksanaan guru kelas





B.     Lembar pengamatan / afektif ( diamati saat kerja kelompok / KBM )
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Keberanian
Kerjasama
Tanggung Jawab












Keterangan : Keberanian = 10 – 40 ; Kerjasama = 10 – 30 ; Tanggung Jawab ; 10 - 30
C.  Portofolio / kinerja
Lembar tugas
  1. Tuliskan tokoh – tokoh cerita dan sifat – sifatnya. !
  2. Tuliskan kutipan dari cerita yang merupakan latar cerita !
 
 




                                                                                    Sudungdewo,…………………………..


Mengetahui
Kepala Sekolah



Guru Kelas

PURWOTO, S.Pd.
NIP. 19620110 198201 1 004
PRIYONO, S.Pd.
NIP. 19700820 200501 1 010


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas / Sumber                :  VI / I
Pertemuan ke                  :  9 ( Sembilan ).
Alokasi Waktu                :  3 x 35 menit ( 1 kali pertemuan ).
Standar Kompetensi        :  MENDENGARKAN.
                                          Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan.
Kompetensi Dasar           :  Mengindentifikasi tokoh, watak, latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan.
Indikator                         :  1. Menentukan amanah cerita.
2. Menuliskan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri.


I.       Tujuan Pembelajaran
-          Siswa dapat menentukan amanah dari cerita dengan benar dan tepat
-          Siswa dapat menuliskan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri dengan tepat
II.    Materi pokok           : Teks cerita anak
III. Metode                     : Diskusi, ceramah, Tanya jawab, tugas
IV.  Langkah – langkah pembelajaran
  1. Kegitan Awal
-          Guru bertanya tentang cerita anak yang pernah didengar
-          Guru bertanya tentang hal lain cerita anak.
  1. Kegiatan Inti
-          Siswa mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh guru atau teman.
-          Siswa mendiskusikan amanah dan isi dari  cerita yang didengar
-          Siswa menulis amanah dari cerita yang didengar
-          Siswa menuliskan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri
-          Siswa membacakan hasil diskusi kelompok
  1. Kegiatan Akhir
-          Guru / siswa merefleksikan hasil pembelajaran dan membuat kesimpulan
-          Siswa menuliskan rangkuman materi
-          Siswa mengerjakan soal – soal
-          Menempelkan hasil pekerjaan siswa untuk dijadikan pejangan di kelas.
V.     Alat dan Sumber Belajar
-          Buku Terampil Berbahasa Indonesia kls 6 ( Bengawan Ilmu ) hal 58 – 60 atau yang sesuai
-          Gambar yang sesuai dengan materi
VI.  Penilaian
  1. Kognitif              : Tes lesan / tertulis
  2. Afektif                : Skala sikap / Performance
  3. Psikomotorik       : proyek, Produk, Portofolio


















LEMBAR PENILAIAN



A.     Kognitif : Tes tertulis / lesan                                                          Nilai : ……………….
No
Butir – butir soal ( pertanyaan dari bacaan )
Kunci jawaban
1.
2.
Kebijaksanaan guru kelas




Kebijaksanaan guru kelas





B.     Lembar pengamatan / afektif ( diamati saat kerja kelompok / KBM )
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Keberanian
Kerjasama
Tanggung Jawab












Keterangan : Keberanian = 10 – 40 ; Kerjasama = 10 – 30 ; Tanggung Jawab ; 10 - 30
C.  Portofolio / kinerja
Lembar tugas
Tuliskan kembali isi cerita yang didengar dari gurumu dengan bahasa sendiri !
 
 





                                                                                    Sudungdewo,…………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah



Guru Kelas

PURWOTO, S.Pd.
NIP. 19620110 198201 1 004
PRIYONO, S.Pd.
NIP. 19700820 200501 1 010


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas / Sumber                :  VI / I
Pertemuan ke                  :  10 ( Sepuluh ).
Alokasi Waktu                :  2 x 35 menit ( 1 kali pertemuan ).
Standar Kompetensi        :  BERBICARA.
                                          Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan.
Kompetensi Dasar           :  Menanggapi ( mengkritik / memuji ) sesuatu hal disertai alas an dengan menggunakan bahasa yang santun.
Indikator                         :  1. Mencatat pokok – pokok yang akan di sampaikan sebagai tanggapan sesuai permasalahan.


I.       Tujuan Pembelajaran
-          Siswa dapat mencatat pokok – pokok yang akan disampaikan sebagai tanggapan sesuai permasalahan dengan tepat.

II.    Materi Pokok           : Karya sastra : Puisi / cerita anak
III. Metode                     : Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah, Tugas
IV.  Langkah – langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Awal
-          Guru bertanya mengenai cara memberikan tanggapan yang baik apabila teman menyampaikan suatu kabar atau cerita.
-          Guru menanyakan hal – hal lain tentang cara memberikan tanggapan yang baik.
  1. Kegiatan Inti
-          Guru dan siswa bertanya jawab mengenai cara memberikan tanggapan  yang baik.
-          Siswa mendengarkan pembacaan puisi / cerita anak yang dibacakan oleh teman atau guru.
-          Siswa mendiskusikan hal – hal pokok yang akan ditanggapi
-          Siswa menemukan hal – hal pokok yang akan ditanggapi
-          Siswa menemukan hal – hal pokok yang akan ditanggapi
  1. Kegiatan Akhir
  1. Guru / siswa merefleksikan hasil pembelajarannya dan membuat kesimpulan.
  2. Siswa menuliskan rangkuman materi.
  3. Siswa mengerjakan soal – soal latihan.
  4. Menempelkan hasil pekerjaan siswa untuk dijadikan pejangan di kelas.
V.     Alat dan Sumber Belajar
-          Buku Terampil Berbahasa Indonesia kelas 6 ( Bengawan Umu ) hal 21 – 22 atau 93 – 95.
-          Buku panduan yang sesuai
-          Gambar – gambar yang sesuai
VI.  Penilaian

A.     Kognitif
-          Tes lisan
-          Tes tertulis
B.     Afektif
-          Skala sikap
-          performance
C.     Psikomotorik
-          Proyek
-          Produk
-          Portofolio
No
Aspek Penilaian menulis ringkasan cerita
Skor
1.



2.
Keruntutuan Kalimat
a.       Runtut
b.      Kurang runtut
c.       Tidak runtut
Ejaan
a.       Sempurna sesuai EYD
b.      Cukup sempurna EYDnya
c.       Kurang sempurna EYDnya

5
3
2

5
3
2









LEMBAR PENILAIAN



A.     Kognitif : Tes tertulis / lesan                                                          Nilai : ……………….
No
Butir – butir soal ( pertanyaan dari bacaan )
Kunci jawaban

Tuliskan hal – hal pokok yang akan ditanggapi pada puisi / cerita anak ( disediakan guru )

Kebijaksanaan guru kelas





B.     Lembar pengamatan / afektif ( diamati saat kerja kelompok / KBM )
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Keberanian
Kerjasama
Tanggung Jawab












Keterangan : Keberanian = 10 – 40 ; Kerjasama = 10 – 30 ; Tanggung Jawab ; 10 - 30
C.  Portofolio / kinerja
Lembar tugas
Gambar disediakan Guru
Perhatikan gambar disamping , selanjutnya tulis hal – hal pokok yang ditanggapi





                                                                                    Sudungdewo,…………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah



Guru Kelas

PURWOTO, S.Pd.
NIP. 19620110 198201 1 004
PRIYONO, S.Pd.
NIP. 19700820 200501 1 010






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas / Sumber                :  VI / I
Pertemuan ke                  :  11 ( Sebelas ).
Alokasi Waktu                :  3 x 35 menit ( 1 kali pertemuan ).
Standar Kompetensi        :  BERBICARA.
                                          Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan.
Kompetensi Dasar           :  Menanggapi ( mengkritik / memuji ) sesuatu hal disertai alas an dengan menggunakan bahasa yang santun.
Indikator                         :  Menyampaikan tanggapan ( disertai alasan yang masuk akal ) dengan bahasa yang santun.



I.       Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyampaikan tanggapan ( disertai alasan yang masuk akal ) dengan bahasa yang santun.

II.    Materi Pokok           : Karya Sastra : Puisi / cerita anak
III. Metode                     : Tanya jawab, Diskusi, Ceramah, Tugas
IV.  Langkah – langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Awal
-          Guru bertanya mengenai cara memberikan tanggapan yang baik apabila teman menyampaikan suatu kabar atau cerita
-          Guru menanyakan hal – hal lain yang berhubungan dengan penyampaian tanggapan.
  1. Kegiatan Inti
-          Guru dan siswa bertanya jawab mengenai cara memberikan tanggapan yang baik
-          Siswa mendengarkan pembacaan puisi / cerita anak oleh guru atau teman
-          Siswa mendiskusikan hal – hal pokok yang akan ditanggapi
-          Siswa menemukan hal – hal pokok yang akan ditanggapi
-          Guru memberi penguatan cara menyampaikan pendapat ( kritikan / pujian ) mengenai puisi / cerita anak tersebut ( cara pembacaannya maupun isinya )
-          Siswa menyampaikan pendapat ( kritikan / pujian ) mengenai puisi / cerita anak.
  1. Kegiatan Akhir
-          Guru / siswa merefleksikan hasil pembelajarannya dan membuat kesimpulan.
-          Siswa menuliskan rangkuman materi
-          Siswa mengerjakan soal – soal latihan
-          Menempelkan hasil pekerjaan siswa untuk dijadikan pajangan di kelas
V.     Alat dan Sumber Belajar
-          Buku terampil Berbahasa Indonesia kls 6 ( Bengawan Ilmu ) hal 21 – 22 atau 93 – 95
-          Buku panduan lain yang sesuai
-          Gambar – gambar yang sesuai.
VI.  Penilaian
A. Kognitif          : Tes lesan / tertulis
B. Afektif           : Skala sikap, Performance
C. Psikomotorik  : Proyek, Produk, Portofolio












LEMBAR PENILAIAN



A.     Kognitif : Tes tertulis / lesan                                                          Nilai : ……………….
No
Butir – butir soal ( pertanyaan dari bacaan )
Kunci jawaban

Sampaikan tanggapanmu terhadap puisi tersebut
( disediakan guru )



C.     Lembar pengamatan / afektif ( diamati saat kerja kelompok / KBM )
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Keberanian
Kerjasama
Tanggung Jawab












Keterangan : Keberanian = 10 – 40 ; Kerjasama = 10 – 30 ; Tanggung Jawab ; 10 - 30
C.  Portofolio / kinerja
Lembar tugas
Gambar disediakan Guru
Perhatikan gambar disamping , sampaikan  tanggapanmu terhadap gambar disamping




                                                                                    Sudungdewo,…………………………..


Mengetahui
Kepala Sekolah



Guru Kelas

PURWOTO, S.Pd.
NIP. 19620110 198201 1 004
PRIYONO, S.Pd.
NIP. 19700820 200501 1 010
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas / Sumber                :  VI / I
Pertemuan ke                  :  12  ( Dua belas )
Alokasi Waktu                :  2 x 35 menit ( 1 kali pertemuan ).
Standar Kompetensi        :  MEMBACA.
                                          Mamahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas.
Kompetensi Dasar           :  Mendeskripsikan isi dan tekhnik penyajian suatu laporan hasil pengamatan / kunjungan.          
Indikator                         :  Menyampaikan pokok – pokok isi laporan hasil pengamatan secara lisan.


I.       Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menyampaikan pokok – pokok isi laporan hasil pengamatan secara lisan.
II.    Materi Pokok           : Teks laporan hasil pengamatan / kunjungan
                                         Cara Penyajian suatu hasil pengamatan / kunjungan
III. Metode                     : Tanya jawab, diskusi, ceramah, tugas
IV.  Langkah –langkah pembelajaran
  1. Kegiatan Awal
·         Guru bertanya tentang tempat – tempat yang pernahdikunjungi siswa
·         Guru menanyakan hal lain tentang kunjungan siswa
  1. Kegiatan Inti
·         guru dan siswa bertanya jawab cara mendeskripsikan isi penyajian suatu laporan hasil pangamatan / kunjungan
·         Siswa membaca teks laporan hasil pengamatan / kunjungan
·         Siswa berdiskusi mengidentifikasi pokok – pokok isi laporan hasil pengamatan / kunjungan
·         Siswa menyampaikan pokok – pokok isi laporan hasil pengamatan secara lesan
  1. Kegiatan Akhir
·         Guru / siswa merefleksikan hasil pembelajaran dan membuat penguatan
·         Siswa menulis rangkuman materi
·         Siswa mengerjakan soal – soal
·         Menempelkan hasil pekerjaan siswa untuk dijadikan pajangan di kelas
V.     Alat dan Sumber Bahan Belajar
-          Buku terampil Berbahasa Indonesia kls 6 ( Bengawan Ilmu ) hal 43 – 45.
-          Buku panduan lain yang sesuai.
-          Contoh laporan hasil pengamatan / kunjungan.
VI.  Penilaian
A. Kognitif                : Tes tertulis / lisan
B. Afektif                  : Skala sikap, performance
C. Psikomotorik         : Proyek, Produk, Portofolio
















LEMBAR PENILAIAN



A.     Kognitif : Tes tertulis / lesan                                                          Nilai : ……………….
No
Butir – butir soal ( pertanyaan dari bacaan )
Kunci jawaban

Sampaikan pokok – pokok isi laporan hasil pengamatan dari bacaan
( bacaan disediakan guru )

Kebijakan guru

B.     Lembar pengamatan / afektif ( diamati saat kerja kelompok / KBM )
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Keberanian
Kerjasama
Tanggung Jawab












Keterangan : Keberanian = 10 – 40 ; Kerjasama = 10 – 30 ; Tanggung Jawab ; 10 – 30

C.  Portofolio / kinerja
Lembar tugas
Tuliskan pokok – pokok isi laporan hasil pengamatan dari bacaan ( bacaan disediakan guru )
 
 






                                                                                    Sudungdewo,…………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah



Guru Kelas

PURWOTO, S.Pd.
NIP. 19620110 198201 1 004
PRIYONO, S.Pd.
NIP. 19700820 200501 1 010
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas / Sumber                :  VI / I
Pertemuan ke                  :  13  ( Tiga belas )
Alokasi Waktu                :  3 x 35 menit ( 1 kali pertemuan ).
Standar Kompetensi        :  MEMBACA.
                                          Mamahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas.
Kompetensi Dasar           :  Mendeskripsikan isi dan tekhnik penyajian suatu laporan hasil pengamatan / kunjungan.          
Indikator                         :  Menjelaskan tekhnik penyajian suatu laporan pengamatan / kunjungan.

I.       Tujuan Pembelajaran
-          Siswa dapat menjelaskan teknik penyajian suatu laporan pengamatan / kunjungan.
II.    Materi Pokok           :  - Teks laporan hasil pengamatan / kunjungan.
                                          - Cara penyajian suatu hasil pengamatan / kunjungan.
III. Metode                     :  Tanya jawab, diskusi, ceramah, tugas.
IV.  Langah – langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Awal
-          Guru bertanya tentang tempat – tempat yang telah dikunjungi siswa.
-          Guru menanyakan hal lain tentang kunjungan / pengamatan.
  1. Kegiatan Inti
-          Guru dan siswa bertanya jawab cara mendiskripsikan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan / kunjungan.
-          Siswa membaca teks laporan hasil pengamatan / kunjungan.
-          Siswa berdiskusi mengidentifikasi teknik penyajian suatu laporan pengamatan / kunjungan.
-          Siswa mendiskripsikan tekhnik penyajian suatu laporan pengamatan / kunjungan hasil kerja kelompok.

  1. Kegiatan Akhir
-          Guru / siswa merefleksikan hasil pembelajaran dan membuat penguatan.
-          Siswa menuliskan rangkuman materi.
-          Siswa mengerjakan soal – soal.
-          Menempelkan hasil pekerjaan siswa untuk dijadikan pajangan di kelas.
V.     Alat dan Sumber Belajar
-          Buku Terampil Berbahasa Indonesia kls 6 ( Bengawan Ilmu ) hal 43 – 45.
-          Buku Panduan lain yang sesuai.
-          Contoh laporan hasil pengamatan / kunjungan.
VI.  Penilaian

A. Kognitif                : Tes tertulis / lisan
B. Afektif                  : Skala sikap, performance
C. Psikomotorik         : Proyek, Produk, Portofolio
















LEMBAR PENILAIAN



A.     Kognitif : Tes tertulis / lesan                                                          Nilai : ……………….
No
Butir – butir soal ( pertanyaan dari bacaan )
Kunci jawaban

Jelaskan  teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan dari bacaan ( yang disediakan guru )

Kebijakan guru

B.     Lembar pengamatan / afektif ( diamati saat kerja kelompok / KBM )
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Keberanian
Kerjasama
Tanggung Jawab












Keterangan : Keberanian = 10 – 40 ; Kerjasama = 10 – 30 ; Tanggung Jawab ; 10 – 30

C.  Portofolio / kinerja
Lembar tugas
Tuliskan pokok – pokok isi laporan hasil pengamatan dari bacaan ( bacaan disediakan guru )
 
 






                                                                                    Sudungdewo,…………………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah



Guru Kelas

PURWOTO, S.Pd.
NIP. 19620110 198201 1 004
PRIYONO, S.Pd.
NIP. 19700820 200501 1 010

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas / Sumber                :  VI / I
Pertemuan ke                  :  14  ( Empat belas )
Alokasi Waktu                :  2 x 35 menit ( 1 kali pertemuan ).
Standar Kompetensi        :  MENULIS.
                                          Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase.
Kompetensi Dasar           :  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi.          
Indikator                         :  Menjelaskan isi amanah / pesan yang terkandung dalam puisi.

I.       Tujuan Pembelajaran
-          Siswa dapat menjelaskan isi amanah / pesan yang terkandung dalam puisi dengan tepat.
II.    Materi Pokok           :  - Teks puisi
                                          - Langkah – langkah mengubah puisi kedalam bentuk prosa
III. Metode                     : Tanya jawab, diskusi, ceramah, tugas.
IV.  Langkah – langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Awal
-          Guru bertanya  tentang puisi yang pernah didengar  atau dibaca anak.
-          Guru bertanya hal lain tentang puisi.
  1. Kegiatan Inti
-          Siswa membaca puisi pilihan sendiri / disediakan guru.
-          Siswa berdiskusi menuliskan isi amanah yang terkandung dalam puisi.
-          Siswa memprestasikan hasil diskusi.
  1. Kegiatan Akhir
-          Guru / siswa merefleksikan hasil pembelajaran dan membuat kesimpulan
-          Siswa menuliskan rangkuman materi.
-          Siswa mengerjakan soal – soal.
-          Menempelkan hasil pekerjaan siswa untuk  dijadikan pajangan  di kelas.
V.     Alat dan Sumber Belajar
-          Buku Terampil Berbahasa Indonesia kls 6 ( Bengawan Ilmu ) hal 115 – 118.
-          Buku Saya Sedang Berbahasa Indonesia kls 6 ( Erlangga ) hal 85 – 86.
-          Buku panduan lain yang sesuai.
VI.  Penilaian
A. Kognitif                : Tes tertulis / lisan
B. Afektif                  : Skala sikap
C. Psikomotorik         : Proyek, Produk, Portofolio

















LEMBAR PENILAIAN



A.     Kognitif : Tes tertulis / lesan                                                          Nilai : ……………….
No
Butir – butir soal ( pertanyaan dari bacaan )
Kunci jawaban

Jelaskan  teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan dari bacaan ( yang disediakan guru )

Kebijakan guru

B.     Lembar pengamatan / afektif ( diamati saat kerja kelompok / KBM )
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Keberanian
Kerjasama
Tanggung Jawab












Keterangan : Keberanian = 10 – 40 ; Kerjasama = 10 – 30 ; Tanggung Jawab ; 10 – 30

C.  Portofolio / kinerja
Lembar tugas
Tuliskan pokok – pokok isi laporan hasil pengamatan dari bacaan ( bacaan disediakan guru )
 
 





                                                                                                Sudungdewo,………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah



Guru Kelas

PURWOTO, S.Pd.
NIP. 19620110 198201 1 004
PRIYONO, S.Pd.
NIP. 19700820 200501 1 010

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas / Sumber                :  VI / I
Pertemuan ke                  :  15  ( Lima belas )
Alokasi Waktu                :  3 x 35 menit ( 1 kali pertemuan ).
Standar Kompetensi        :  MENULIS.
                                          Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase.
Kompetensi Dasar           :  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi.          
Indikator                         :  Mengubah puisi dalam bentuk prosa sederhana dengan memperhatikan makna atau isi puisi.

I.       Tujuan pembelajaran
-          Siswa dapat mengubah puisi kedalam bentuk prosa sederhana dengan memperhatikan makna atau isi puisi.

II.    Materi Pokok           :  - Teks puisi
                                          - Langkah – langklah mengubah puisi ke dalam bentuk prosa.
III. Metode                     : - Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah, Tugas.
IV.  Langkah – langkah pembelajaran
  1. Kegiatan Awal
-    Guru bertanya tentang puisi yang pernah didengar atau dibaca anak.
-    Guru bertanya hal lain tentang puisi.
  1. Kegiatan Inti
-    Siswa membaca penjelasan mengenai langkah – langkah membuat prosa dari puisi.
-    Siswa dan guru bertanya jawab mengenai lngkah – langkah mengubah puisi dalam bentuk prosa.
-    Siswa berdiskusi mengubah puisi kedalam bentuk prosa sederhana.
-    Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
  1. Kegiatan Akhir
-    Guru / siswa merefleksikan hasil pembelajaran dan memberi penguatan.
-    Siswa membuat rangkuman materi
-    Siswa mengerjakan tugas.
-    Menempelkan hasil pekerjaan siswa untuk dijadikan pejangan di kelas.
V.     Alat dan Sumber Belajar
-          Buku Terampil Berbahasa Indonesia kls 6 ( Bengawan Ilmu ) hal 115 – 118.
-          Buku Saya Sedang Berbahasa Indonesia kls 6 (  Erlangga ) hal 85 – 86.
-          Buku panduan lain yang sesuai.
VI.  Penilaian
A. Kognitif                : Tes tertulis / lesan
B. Afektif                  : Skala sikap
C. Psikomotorik         : Proyek, Produk, Portofolio















LEMBAR PENILAIAN



A.     Kognitif : Tes tertulis / lesan                                                          Nilai : ……………….
No
Butir – butir soal ( pertanyaan dari bacaan )
Kunci jawaban

Ubahlah puisi menjadi prosa sederhana !
 ( puisi disediakan guru )



B.     Lembar pengamatan / afektif ( diamati saat kerja kelompok / KBM )
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Keberanian
Kerjasama
Tanggung Jawab












Keterangan : Keberanian = 10 – 40 ; Kerjasama = 10 – 30 ; Tanggung Jawab ; 10 – 30

C.  Portofolio / kinerja
Lembar tugas
Ubahlah puisi menjadi  prosa sederhana !
 ( puisi disediakan guru )
 
 







                                                                        Sudungdewo,…………………………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah



Guru Kelas

PURWOTO, S.Pd.
NIP. 19620110 198201 1 004
PRIYONO, S.Pd.
NIP. 19700820 200501 1 010






 
Top