Follow us on Facebook

Idham Sumirat. Diberdayakan oleh Blogger.

Sugeng Rawuh teng blog Edukasi Semoga bisa tukar - menukar informasi

Feature Post

Tanggalan

Formulir Kontak

Post Slider (Homepage)

Total Pageviews

Tanggapan terhadap blog ?

Label

tugas (1)

Labels

Popular Posts

Sabtu, 27 Juli 2013

Tag:

PGSD JAYA

Langkahku_langkahPerubahan


PGSD UNNES
OLEH : Idham Sumirat/1401412379
             

PGSD

Sejarah singkat PGSD versi anonym mengatakan sejarah PGSD S-1 Unnes berasal dari pengembangan kualitas SPG N Semarang (Sekolah Pendidikan Guru). Sekolah Pendidikan Guru berubah menjadi PGSD FIP unnes dengan pilihan jenjang dari diploma 1 sampai diploma 2. Mengingat terus meningkatnya kebutuhan profesionalitas guru pada tahun 2007 PGSD FIP Unnes membuka jenjang program Strata 1 untuk konsentrasi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S-1 PGSD) hingga sekarang.
Keberadaan Prodi PGSD sudah dikenal oleh masyarakat sejak diselenggarakan D-2 PGSD pada 1991. Mulai 2006 PGSD FIP Unnes menyelenggarakan S-1 berdasarkan surat izin pendirian no 3333/D/T/2006 bertanggal 1 September 2006. Dari aspek masukan, calon mahasiswa berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah dan berasal dari berbagai jenis latar belakang pekerjaan, di antaranya PNS dosen/guru, PNS non dosen/guru, guru/dosen non-PNS, swasta/buruh, pensiunan, dan tentara/polisi. Sejumlah kekuatan dan keunggulan dimiliki prodi ini, seperti sarana dan prasarana yang memadai, laboratorium (IPA, Matematika, IPS, Bahasa Indonesia, Microteaching, Keterampilan) dan pengajar berkualifikasi S-2 ( 95,89 %) dan S3 (2,7%), serta jaringan internet.
Mahasiswa
Mahasiswa PGSD berjumlah  2.008 orang dengan perincian S1 Program Reguler, S1 PJJ, dan S1 PPGT PGSD. Melalui seleksi yang ketat, setiap tahun PGSD menerima kurang lebih 500 mahasiswa baru.
Dosen
Dosen Program Studi PGSD Universitas Negeri Semarang berjumlah 73 orang dengan kualifikasi 2 doktor , 60 magister , 11 sarjana.

Kurikulum Kuliah di Jurusan

Jumlah sks Program Studi (minimum untuk kelulusan) :  144 sks yang tersusun sebagai berikut:




Jenis Mata Kuliah
Sks
Keterangan
(1)
(2)
(3)
Mata Kuliah Wajib
140
Semua mahasiswa diwajibkan mengambil mata kuliah 140 SKS
Mata Kuliah Pilihan
4-9
Semua mahasiswa wajib mengambil minimal 4 SKS mata kuliah pilihan dari 9 SKS mata kuliah pilihan yang disediakan.
Jumlah Total
144-149
Mahasiswa yang telah lulus 140 SKS mata kuliah wajib ditambah 4 SKS mata kuliah pilihan dinyatakan lulus S-1 PGSD. Mahasiswa diberi kesempatan mengambil mata kuliah pilihan lain tanpa paksaan bila ia menginginkan tambahan mata kuliah pilihan.

Kurikulum erat kaitannya dengan banyaknya SKS yang kita ambil selama proses kuliah dan sebagai acuan pengambilan matakuliah per semesternya. Dalam 1 semester mahasiswa maksimal dapat mengambil mata kuliah yang ada di dalam kurikulum sebanyak 24 sks (untuk mahasiswa Cumlaud) demikian juga di jurusan PGSD FIP unnes. Di PGSD jumlah sks Program Studi (minimum untuk kelulusan) 144 sks yang tersusun dari 140 mata kuliah wajib yang harus diambil mahasiswa selama kuliah. Untuk memenuhi minimum sks kelulusan Mahasiswa PGSD dapat mengambil minimal 4 sks mata kuliah pilihan yang ada di kurikulum kuliah.  
Mata Kuliah
Mata kuliah yang ditawarkan di prodi ini antara lain Strategi Pembelajaran, Komputer dan Media Pembelajaran di SD, Pendidikan Bahasa Jawa, Bahasa Inggris, Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Konsep Dasar IPA, Kajian Bahasa Indonesia SD, Kajian IPS SD, Psikologi Perkembangan, Pembelajaran Matematika SD, Konsep Dasar IPA, Keterampilan Berbahasa dan Bersastra Indonesia, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan,  Pendidikan IPS SD, Pendidikan Keterampilan dan Kerajinan Tangan, Pendidikan Lingkungan Hidup, Pendidikan Kewarganegaraan, Perspektif Global, Pendidikan IPA SD, Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
SD Kelas Rendah, Pendidikan Kewarganegaraan SD, Bimbingan Konseling, Pembelajaran Matematika SD, Pendidikan Seni Drama Tari, Psikologi Pendidikan, Pendidikan Seni Rupa, Statistika Pendidikan, Pengembangan Konsep Dasar IPA, Manajemen Kelas, Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal, dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Selain itu, Pendidikan Seni Musik, Pemecahan Masalah Matematika,  Pengembangan Kurikulum SD, Penelitian Pendidikan SD, Asesmen Pembelajaran SD, Pengembangan Pembelajaran IPA SD, Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD Kelas Tinggi, Pengembangan pembelajaran ips sd, penulisan karya ilmiah dan buku ajar, pembelajaran kelas rangkap, pengembangan pembelajaran bahasa indonesia sd, pengembangan pendidikan kewarganegaraan sd, profesi  keguruan,  penelitian pendidikan sd, pengembangan pembelajaran matematika sd, pembelajaran terpadu, praktikum ipa, kuliah kerja nyata, pendidikan multikultural, pengembangan bahan pelajaran sd, skripsi,  praktik pengalaman lapangan, pengantar ilmu pendidikan, filsafat pendidikan,  dan manajemen sekolah.


Ketua Jurusan                 : Dra. Hartati, M.Pd
Sekretaris Jurusan           : Fitria Dwi Prasetyaningtyas S.Pd., M.Pd
Kepala Laboratorium       : Drs. Moch Ichsan, M.Pd
Kampus Semarang                    : Jl. Beringin Raya, No. 15 Wonosari, Ngaliyan, Semarang
  50186
Kampus Tegal                 : Kampus Kemandungan, Jl. Kolonel Sugiono PO BOX 17  
   Tegal

Sebuah organisasi lahir karena adanya persamaan visi dan misi oleh anggotanya. Organisasi-organisasi yang ada di PGSD pun demikian, lahir dari persamaan visi misi.
Visi misi PGSD:
Visi Program Studi
Menjadi Program Studi  yang unggul, berdaya saing global, dan sebagai pelopor inovasi dalam bidang pendidikan dasar berwawasan konservasi
Misi Program Studi
  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan guru SD yang profesional, unggul, dan berdaya saing global berwawasan konservasi dalam bidang pendidikan dasar,
  2. Melaksanakan penelitian pendidikan yang inovatif melibatkan dosen, mahasiswa dan guru SD sebagai dasar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di PGSD dan SD,
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi hasil penelitian dan ikut serta memecahkan masalah-masalah nasional di bidang pendidikan dasar.
Strategi pencapaian visi misi tersebut terorganisir dalam berbagai kegiatan maupun organisasi yang ada di PGSD. Berikut organisasi yang ada di PGSD:
1.      Lembaga Kemahasiswaan       :
a.       Hima PGSD (http://himapgsdunnes1.blogspot.com/)
b.      DPM-J PGSD
2.      Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)      :
c.       Pramuka
d.      Rohis
e.       KSR
3.      Klub PGSD                             :

a.       Tari
b.      Jurnalistik
c.       Diskusi Pendidikan
d.      English Club
e.       Futsal Futri
f.       Sepakbola
g.      Volley Ball
h.      KOPMA
i.        Karate
j.        Bulutangkis
k.      Basket, dll

4.      Komunitas                               :
a.       KOALA (Komunitas Pecinta Alam)
b.      Warkop DKI (Warung Kajian Penelitian dan Karya Ilmiah)






Prestasi Jurusan PGSD:
Prestasi jurusan PGSD Ngaliyan:
1.      Juara ke-3 Mahasiswa Berprestasi UNNES
2.      Juara ke-3 Pa dalam PAPIKA UNNES 2012
3.      Juara 1 LGTI Se-Jawa Bali 2011
4.      Juara 3 Karate POM se-rayon JATENG
5.      Peringkat 2 JUMBARA PMR IX dan TEMU KARYA KSR PMI KOTA SEMARANG tahun 2012
6.      Juara 3 Teknologi Tepat Guna JUMBARA PMR IX dan TEMU KARYA KSR PMI KOTA SEMARANG tahun 2012
7.      Juara 1 Debat JUMBARA PMR IX dan TEMU KARYA KSR PMI KOTA SEMARANG tahun 2012
8.      Peringkat 2 VOLUNTER AWARD TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH tahun 2012
9.      Juara UMUM PORSAJUR 8 kali berturut-turut
10.  Partisipator dalam World Dance Day 2011 di  Solo
.
Serba-serbi PGSD
Untuk teman-teman yang ingin berkunjung ke kampus PGSD Fip Unnes UPP Ngaliyan
Alamat            :Jl. Beringin Raya, No. 15 Wonosari, Ngaliyan, Semarang 50186

Jalur menuju Kampus PGSD Ngaliyan dari Sekaran :
1.      Naik angkot ( warna orange ) jurusan jati ngaleh, turun di pertigaan jati ngaleh, kemudian naik bus jurusan mangkang ( pudak payung ) turun di karang anyar ( PGSD UNNES )
2.      Naik angkot warna orange turun di jembatan kali garang, naik bus jurusan mangkang ( pudak payung ) turun di karang anyar ( PGSD UNNES )
3.      Naik sepeda motor menuju sampangan ( jembatan besi ), menuju jembatan kali garang, kemudian menuju kali banteng, kemudian ambil arah menuju Jakarta, sampai di karang anyar ( PGSD UNNES )

Ketentuan Pakaian Perkuliahan di PGSD

Mahasiswi       : rok hitam non jeans, hem putih (Senin- Rabu)
                          Rok hitam, baju batik (Kamis-Jum’at)
Mahasiswa      : Celana hitam non jeans, hem putih (Senin- Rabu)
                          Celana hitaM, baju batik (Kamis-Jum’at)



Mars PGSD
Ayo mahasiswa PGSD
Kita bangun pendidikan Indonesia
Inovatif, produktif, aktif dan kreatif
Jadi mahasiswa penyongsong cita
Satukan dirimu satukan niatmu
Untuk Indonesia lebih maju

Jingle PGSD Jurusanku (Backsong ABG Tua)
PGSD itu jurusanku
Jadi guruu cita-citaku
Guru ganteng, cantik, imut dan lucu
Guru tidak sombong, suka bantu
Walaupun jauh, jauh dari Unnes
Namun PGSD tetap sukses
Pulang-pulang nanti jadi PNS
Gaji banyak beli Honda Jezz

About Idham Sumirat

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

 

Video of the Day